Yohanes Chandra Ekajaya: Konsumen Bukan Raja

Hampir setiap pengusaha mengatakan bahwa konsumen adalah raja. Tetapi bagi seorang pengusaha muda kelahiran Wonosobo ini, konsumen bukanlah seorang raja. Baginya konsumen adalah keluarga. Konsep dan prinsip inilah yang membuat seluruh usaha milik Yohanes Chandra Ekajaya tumbuh dan berkembang dengan pesat.

Jargon bisnis yang mengatakan bahwa konsumen adalah raja menurut Yohanes Chandra Ekajaya jargon yang menyesatkan. Karena bila konsumen adalah raja, artinya penjual posisinya berada di bawah pembeli. Sedangkan bila yang digunakan jargon pembeli adalah keluarga maka posisi penjual dan pembeli setara. Tetapi prinsip yang dipegang keduanya adalah saling memahami dan saling mengerti. Sehingga akan tercipta kesepakatan yang bisa diterima kedua belah pihak.

yohanes-chandra-ekajaya-raja

Bagi Yohanes Chandra Ekajaya, dengan memegang prinsip konsumen adalah keluarga, maka ia bisa memperlakukan konsumen dengan sikap yang ramah dan lembut serta tidak membeda-bedakan. Bila dijalankan dengan tulus dan sungguh-sungguh maka penjual akan mempunyai ikatan persaudaraan yang tulus dari para konsumennya. Dari segi promosi, hal tersebut akan sangat menguntungkan.

Konsumen yang merasa nyaman karena diperlakukan layaknya keluarga oleh penjual akan menceritakan keramah tamahan dan sikap kekeluargaan yang penjual tawarkan, sehingga secara langsung atau pun tidak langsung penjual akan mendapatkan keuntungan. Yohanes Chandra Ekajaya sudah membuktikan hal tersebut, dan sangat berhasil.

yohanes-chandra-ekajaya-konsumen-bukan-raja

Keramahan, ketulusan, dan kekeluargaan membuat sebuah usaha yang berhubungan dengan dunia bisnis bisa berjalan dengan sukses dan berkembang dengan pesat. Yohanes Chandra Ekajaya pun mengatakan bahwa konsumen yang merasa nyaman dengan segala fasilitas serta sikap ramah dan kekeluargaan yang ditawarkan oleh penjualnya, maka ia akan menjadi pelanggan yang selalu membeli di penjual tersebut.

Biasanya para konsumen bisa kembali hinga tiga atau empat kali untuk membeli produk yang ditawarkan oleh penjual, tergantung dari jenis produk yang dijual. Yohanes Chandra Ekajaya mencontohkan jika penjual itu menjual mobil, maka konsumen yang sudah merasa nyaman pasti akan kembali lagi dua atau tiga kali untuk membeli mobil baru atau sekedar tukar tambah. Setidaknya para konsumen pasti kembali lagi.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s