Yohanes Chandra Ekajaya Motivasi Petani Karet

Di bulan Desember ini harga karet mengalami peningkatan. Menurut Chandra Ekajaya saat ini harga karet naik hingga menembus harga di atas 10 ribu rupiah. Lebih tepatnya, harga karet per kilo adalah 10.400 rupiah. Menurut pengusaha yang sedang gandrung dengan sistem e-commerce tersebut harga karet saat ini merupakan harga karet yang paling tinggi sejak tahun 2012.

Chandra Ekajaya mengatakan bahwa harga karet pada tahun 2012 memang masih terbilang rendah bila dibandingkan tahun 2010 dan 2011 dimana harga karet bisa menembus harga 20 ribu rupiah hingga 21 ribu rupiah. Tetapi menurut pengusaha muda ini, harga karet saat ini yang menyentuh 10 ribu rupiah per kilogramnya sudah sangat bagus jika dibandingkan dengan harga bahan-bahan pokok saat ini.

chandra-ekajaya-motivasi-petani-karet

Sebagai seorang pengusaha, Yohanes Chandra Ekajaya juga membina petani-petani karet di wilayah Dusun Candimulyo, Desa Mulyo, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo. Terkait dengan kenaikan harga karet, para petani tersebut mengatakan bahwa sebenarnya harga karet sudah mulai meningkat pada pertengahan bulan kesebelas di tahun 2016.

karet-yohanes-chandra-ekajaya

Yohanes Chandra Ekajaya menambahkan bahwa pada bulan November 2016, harga karet sudah mencapai 8.800 rupiah per kilogramnya. Kenaikan ini cukup siginifikan, yaitu sekitar 2 ribu rupiah. Sebab di bulan September dan Oktober harga karet masih berada di harga 6.500 rupiah hingga 6.800 rupiah per kilogramnya.

yohanes-chandra-ekajaya-karet

Bisa dibilang bulan Desember ini merupakan puncak dari kenaikan harga karet. Meskipun para petani juga berharap bahwa di tahun berikutnya, yaitu Januari 2017, harga karet bisa naik atau setidaknya bisa stabil di harga 10 ribu hingga 10.400 rupiah per kilogramnya. Chandra Ekajaya selaku pembina para petani di Dusun Candimulyo mengatakan bahwa kondisi ini sangat tidak biasa.

yohanes-chandra-ekajaya-sukses-karet

Yohanes Chandra Ekajaya menambahkan bahwa kondisi kenaikan harga karet di akhir tahun merupakan suatu kondisi yang luar biasa. Sebab biasanya di akhir tahun harga karet cenderung menurun. Harga yang cenderung menurun tersebut disebabkan oleh melimpahnya stok karet yang berada di wilayah tersebut. Tetapi di akhir tahun ini meskipun stok karet masih melimpah tetapi harga tetap meningkat, inilah yang membuat pengusaha muda ini mengatakan bahwa fenomena ini tidak biasanya.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s