Pengusaha Bawang Merah Yohanes Chandra Ekajaya Rugi

yohanes-chandra-ekajaya-pengusaha-bawang-merah-rugi

J Chandra Ekajaya & J Wijanarko juragan bawang merah

Saat ini Indonesia sedang mengalami musim penghujan. Dengan datangnya musim hujan, sebenarnya merupakan keuntungan bagi para petani. Tetapi bila curah hujan yang turun terlampaui tinggi, biasanya malah justru merugikan petani. Salah satu petani sekaligus pengusaha yang merugi adalah Yohanes Chandra Ekajaya. Ia adalah seorang petani dan pengusaha bawang merah.

Alasan mengapa pengusaha Yohanes Chandra Ekajaya merugi ialah karena adanya curah hujan tinggi yang mengakibatkan tanaman bawang merah miliknya cepat mengalami kebusukan. Pembusukan bawang merah sebelum musim panen tiba sangat membuat para petani dan pengusaha olahan bawang merah rugi. Ia mengatakan bahwa selama dua kali ini ia mengalami kerugian karena tanaman bawang merang yang ditanaminya mengalami kebususkan.

Belajar dari pengalaman dua kali panen kemarin, pengusaha Yohanes Chandra Ekajaya kini terpaksa memanen bawang merahnya lebih awal. Ia lebih memilih untuk dimbu alias ditunggu masaknya dengan menggunakan cara buatan. Misalnya ditaruh ke dalam timbunan beras atau pun diberi suhu hangat secara terus-menerus. Dengan cara seperti itu setidaknya ia berharap akan mendapatkan balik modal.

yohanes-chandra-ekajaya-pengusaha-bawang-merah-rugi

Menurut Yohanes Chandra Ekajaya, dengan memanen bawang merah lebih awal meskipun umurnya belum masak, itu lebih mengurangi resiko daripada menunggu usia bawang merah hingga masak. Karena biasanya justru mengalami pembusukan, dan itu mengakibatkan kerugian yang sangat banyak.

Dengan memanen bawang merah lebih awal, tentu saja hasil yang dipanen tidak sesuai dengan hasil yang diharapkan oleh petani. Begitu pun Yohanes Chandra Ekajaya. Bawang merah miliknya menjadi lebih kecil karena dipanen lebih awal. Itu adalah konsekuensi yang harus dihadapi. Bila diberi pilihan antara rugi sedikit atau rugi banyak, sebagai pengusaha ia memilih rugi sedikit. Tetapi kalau bisa ia pun tidak ingin rugi dan ingin untung.

Petani sekaligus pengusaha Yohanes Chandra Ekajaya sedang memikirkan suatu cara dan metode sederhana untuk mengakali fenomena itu. Proses pembusukan pasti bisa dihindari dan diantisipasi. Semangat dan optimismenya dalam menanam bawang merah pasti akan berbuah hasil yang positif, entah kapan hari itu akan tiba.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s